Friday, September 14, 2012

Mencari Foto di Flickr Lebih Mudah dengan CompFight

Suka mencari foto atau gambar di Flickr? Kali ini saya membahas web aplikasi yang lebih ringan fiturnya, namun membantu kamu untuk mencari inspirasi dari Flickr, yaitu CompFight.


CompFight adalah tool pencari gambar dari Flickr yang menjadikan pencarian sangatlah sederhana. Tidak seperti mesin pencari Flickr sendiri, Compfight akan mengingat setting ‘khas’ kamu dari pencarian ke pencarian dan akan menyajikan hasil pencarian per halaman dalam bentuk thumbnail yang menjadikan kamu akan lebih mudah dan nyaman mencari foto tertentu sebagai sumber inspirasi.
Interface awal dari CompFight, mirip dengan mesin pencari pada umumnya. Kamu tinggal memasukkan kata kunci untuk mencari gambar atau foto tertentu dari website Flickr.

Saya mencoba dengan kata kunci SNSD, girlband tenar asal Korea tersebut. CompFight langsung menyajikan hasil dengan opsi bila PG ingin mengelompokkan foto berlisensi, atau foto dengan tag tertentu.

ngat, hasil pencarian Flickr yang asli ada di bagian bawah setelah garis putus-putus. Bagian diatas garis tersebut adalah iklan yang disediakan oleh Compfight. Jadi pastikan kamu memilih gambar yang ada di bagian bawah garis putus-putus tersebut.

Mengklik salah satu thumbnail foto yang ditampilkan akan membawa kamu ke halaman Flickr spesifik dimana foto tersebut diupload. Kalau memang foto tersebut di-share secara gratis, maka kamu akan bisa mendownloadnya dari halaman tersebut.

Bila tertarik, maka kamu bisa mengunjungi CompFight di:
CompFight merupakan tool pencari yang cukup menarik, terutama bila kamu adalah penggemar foto-foto di Flickr yang sebagian besar memang berkualitas. Tentu saja opsi pencarian yang tergantung pada database Flickr tidak seluas bila kamu melakukan pencarian menggunakan Google, akan tetapi untuk masalah kualitas, maka kamu boleh mengandalkan database Flickr ini. Jadi, manfaatkan CompFight bila kamu senang mengumpulkan gambar atau foto dengan tema tertentu yang tentu saja memiliki kualitas di atas rata-rata.