Monday, September 17, 2012

Fitur iPhone 5 yang Akhirnya Cuma Jadi 'Angin Lalu'

iPhone 5 akhirnya secara resmi diumumkan oleh Apple di San Francisco, Amerika Serikat (AS). Beragam komentar pun muncul terkait kehadiran ponsel cerdas generasi keenam Apple tersebut. Banyak yang puas tapi tak sedikit pula yang kecewa.
Pro dan kontra ini kebanyakan menyoal fitur-fitur yang dibenamkan oleh perusahaan asal Cupertino tersebut. Memang bocoran yang menghampiri iPhone 5 sebelum 'kelahirannya', boleh dikatakan 80% menjadi kenyataan.
Namanya kabar angin tersebut tentu sah-sah saja bila pada akhirnya meleset juga. 
Berikut gosip fitur iPhone 5 yang pada akhirnya cuma jadi angin lalu, yang berasal dari berbagai sumber :

  • Near Field Communications (NFC)

Booming fitur Near Field Communications (NFC) yang sudah digunakan di smartphone Samsung, HTC atau Nokia harusnya bisa memaksa Apple membenamkan fitur serupa.

Namun saat bos Apple Phil Shicfiller mengumumkan iPhone 5 ini tidak ada fitur NFC yang disinggung. Padahal sedikit banyak orang berharap NFC ini bisa dipasangkan dengan iPhone anyar tersebut.

NFC, fitur yang memungkinkan pengguna menyentuhkan ponsel ke ponsel atau gadget lain dengan fungsi NFC lainnya untuk mentransfer data. Tak hanya itu, fitur ini juga bisa dimanfaatkan sebagai mobile payment dan fungsi lain.

  • A6 Quad Core


Tidak ada yang salah saat iPhone 5 diumumkan menggunakan prosesor A6, karena pada kenyataanya gosip yang beredar juga menyebutkan demikian.

Tapi yang agak meleset adalah, ekspektasi bahwa isu A6 ini berkekuataan quad core harus pupus begitu saja. Pasalnya A6 dibuat dengan proses manufaktur 32mm dan berbasis desain dual core ARM Cortex A15. 

  • Fitur Sidik Jari


Saat Apple hampir menuntaskan akuisisi salah satu perusahaan spesialisfingerprint scanning untuk ponsel, AuthenTec, banyak kalangan percaya iPhone 5 akan memberikan kejutan dengan fitur pengaman sidik jari.

Akuisisi yang memakan biaya USD 365 juta itu memang baru akan rampung bulan depan, 4 Oktober 2012.

Bila pada akhirnya Apple tidak atau belum memasangkan salah satu layanan ini, agaknya masih dimaklumi. Melihat rentang waktunya, kemungkinan iPhone 5 menggunakan teknologi sidik jari agak kecil.
Kemungkinan terbesarnya, teknologi ini baru akan ditawarkan Apple untuk update handset iPhone atau iPad berikutnya.

  • Layar Lebih Besar

Apple mutlak harus menghadirkan ukuran layar iPhone baru yang lebih lega, bila melihat para pesaing yang sudah banyak menggunakan layar dengan bentang luas.

Akhirnya memang iPhone 5 hadir dengan ukuran layar lebih luas dari generasi sebelumnya. Akan tetapi ini agak tidak sesuai harapan, mengingat sebelumnya santer terdengar Apple akan menggunakan ukuran display 4,6 inch, yang pada kenyataanya hanya 4 inch saja.

Sebenarnya rumor ini nyaris dipercayai 100%, mengingat kabarnya Apple telah memesan sejumlah layar berukuran 4,6 inci dari generasi baru smartphone yang mungkin disebut iPhone 5.


Source : detikInet