Sunday, September 2, 2012

Antisipasi Keylogger dengan Keyscrambler

Kejahatan di Internet marak terjadi belakangan ini. Adalah Keylogger, salah satu aplikasi “jahat” yang mampu menyimpan semua log kita di PC ke database untuk selanjutnya di teruskan kepada yang bersangkutan. Di Indonesia, program ini sempat menjadi populer karena banyaknya user nakal ingin mengambil password Facebook, yang di dalamnya terdapat chip poker game zynga, akun email, dan password serta data-data penting lainnya.
Memang sebagian Anti virus dapat men-deteksi program ini dengan mudah. Akan tetapi, tak jarang pula pihak pengelola yang memasangnya sendiri. Keylogger sebenarnya cukup berperan aktif dalam mengawasi putra-putri Anda berselancar di Internet, namun semakin berkembangnya dunia Internet, aplikasi ini lantas banyak di salah gunakan oleh beberapa pihak. 
Keyscrambler adalah salah satu aplikasi yang bertugas untuk meng-enskripsi apa yang kita ketikkan dalam ke dalam field-field tertentu, seperti memasukkan email dan password ke dalam Browser, namun aplikasi ini juga meng-enskripsi apa yang kita input ke dalam aplikasi yang membutuhkan data email dan password (sebagai contoh Yahoo Messenger). Langkah-langkah untuk menggunakannya adalah sebagai berikut:
  • Download terlebih dahulu Keyscrambler di situs resminya di http://www.qfxsoftware.com/download.htm. Pilih Free Download karena pilihan yang ini bisa di gunakan tanpa menggunakan biaya sama sekali.

  • Klik ganda pada aplikasi KeyScrambler_Setup.exe > Run.
  • Lanjutkan dengan memilih Next untuk memulai Instalasi.
  • Jika keluar jendela peringatan Updates, klik Yes untuk memeriksa program terbaru. Langkah ini membutuhkan Koneksi Internet, tetapi jika Anda tidak terhubung ke Internet Anda bisa memilih pilihan No.

  • Kemudian setujui peraturan yang muncul dengan meng-klik I Agree.
  • Sampai disini, penulis sarankan tutup semua jendela Browser yang Anda pakai. Tahap selanjutnya, memilih Browser yang Anda masukkan, berikan tanda centang pada semua pilihan adalah keputusan terbaik. Nantinya setiap Browser akan ter-enskripsi, lanjutkan dengan meng-klik Next.

  • Pada pemilihan folder instalasi, klik Next.
  • Kemudian klik lagi Install, tunggulah beberapa saat agar program ini bisa di Intalasi.
  • Jika sudah, maka jendela Mozilla Firefox akan terbuka dengan sendirinya dan Anda di minta untuk memasang Add-ons yang muncul, klik Pasang karena itu adalah Add-ons Keyscrambler yang muncul.

  • Kemudian Restart Firefox Anda, kemudian cobalah menuju link Facebook.com dan masukkan email dan password, maka datanya akan segera di enskripsi oleh aplikasi ini. COba juga untuk membuka aplikasi instant messenger seperti skype. Maka Anda juga akan melihat semua data yang Anda input akan di enskripsi.


Dalam menangani keylogger Anda juga bisa memasang Anti virus AVG, atau pun Avira untuk memeriksa nya. Sekali pun aplikasi ini terbukti ampuh, tapi tak setiap hari semakin bermunculan keylogger baru yang mempunyai kemampuan yang semakin hebat pula. Namun tak ada salahnya untuk meng-antisipasinya.