Tuesday, September 18, 2012

Chip Prosesor A6 Pada iPhone 5 Menggunakan Desain Khusus

Apple ketika memperkenalkan iPhone 5 pada event yang berlangsung di Yerba Buena Center 12 September kemarin tidak banyak memberikan penjelasan mengenai detil jenis prosesor yang ada pada iPhone 5. Namun, kabar terkini menyebutkan bahwa chip Prosesor  A6 pada iPhone 5 merupakan sebuah chip prosesor dual core yang sengaja didesain khusus olehApple.



Harapan bahwa iPhone 5 akan menggunakan chip prosesor berjenis quad core akhirnya tidak menjadi kenyataan. Walaupun chip prosesor A6 yang diklaim Apple akan 2 kali lebih cepat dibanding yang ada iPhone 4s, publik rupanya sudah kadung berharap akan hadirnya prosesor quad core pada iPhone 5.

AnandTech yang berhasil menemukan fakta bahwa iPhone 5 menggunakan chip prosesor dual core yang dirancang khusus oleh Apple, mengatakan bahwa chip prosesor tersebut didesain untuk bisa lebih cepat dalam menjalankan aplikasi-aplikasi yang spesifik sehingga pengguna bisa mendapatkan sebuah pengalaman baru yaitu kecepatan dan handalnya sebuah smartphone dalam menjalankan aplikasi-aplikasi yang ada didalamnya.



Pada kenyataannya, ios 6 memang lebih memungkinkan memakai RAM yang lebih sedikit ketimbang yang terdapat pada android Jelly Bean. iPhone 5 yang kini memakai RAM sebesar 1 GB dinilai sangat cukup untuk menjalankan beragam aplikasi atau program yang ada di ios 6.

Untuk GPU yang dipasang pada iPhone 5, AnandTech juga menemukan indikasi bahwa GPU yang ada sangat mirip dengan GPU Power SGX 543 MP3. GPU tersebut merupakan pengmbangan dari Power SGX 543 MP2 yang ada pada iPhone 4s.